Padang, Kasehat—Hampir setiap
orang menyukai kopi, karena dianggap memberikan tambahan energi dan
menghilangkan rasa kantuk seketika. Selain itu, kopi juga dikenal
sebagai minuman yang dapat mencegah anda dari serangan berbagai macam
penyakit.seperti yang dilansir dari dunia fitness, kemarin (9/2).
Berikut ini tujuh alasan, mengapa minum kopi baik untuk kesehatan Anda:
1. Mencegah diabetes
Jika
Anda suka mengonsumsi kopi murni, Anda berpeluang hampir 60 persen
menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2 daripada yang tidak minum
kopi. Kandungan magnesium dan kromium yang terdapat pada kopi dapat
membantu mengendalikan kadar gula darah.
2. Mencegah Kanker Kulit
Kesimpulan
ini diperoleh para ilmuwan dari Universitas Rutgers, Amerika Serikat.
Penelitian menunjukkan, kafein memiliki senyawa kimia yang bila
diterapkan dalam kulit dapat menyerap radiasi ultraviolet. Ini upaya
preventif atas perkembangan tumor.
3. Mencegah Stress
Aroma
kopi dapat membuat tubuh Anda lebih segar. Saat Anda stres, aroma kopi
juga membantu Anda meredakan stres dengan memicu aktivitas gen yang
berfungsi melindungi sel-sel syaraf dari stress.
4. Mencegah Gigi Berlubang
Minum
kopi ternyata dapat mencegah gigi berlubang. Menurut penelitian di
Journal of Agricultural and Food Chemistry, senyawa yang terdapat pada
kopi, trigonelline, memiliki sifat antibakteri yang dapat menjaga
rongga mulut dari serangan kuman seperti streptococcus mutans, yang
dapat menyerang enamel gigi.
5. Mencegah Parkinson
Orang
dengan riwayat keluarga peminum kopi berpeluang kecil terkena penyakit
neurologis, seperti parkinson. Kafein pada kopi ataupun teh berkafein,
dapat bereaksi pada gen yang disebut GRIN2A untuk membantu menurunkan
risiko parkinson.
6. Mencegah Penyakit Jantung
Peneliti
Belanda menemukan orang yang minum kopi dua hingga empat cangkir
sehari berhasil menurunkan risiko penyakit jantung mereka sebanyak 20
persen dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.
Antioksidan yang terdapat pada kopi memberikan perlindungan yang baik
dari radikal bebas yang masuk dalam tubuh.
7. Mencegah Kanker Mulut Dan Tenggorokan
Sebuah
penelitian di Italia menemukan kandungan kafein pada kopi mencegah
munculnya kanker mulut dan tenggorokan. Mereka yang minum kopi sekitar
empat cangkir atau lebih sehari mengurangi risiko kanker mulut tertentu
dan tenggorokan hampir 40 persen.
Konsumsilah
kopi Anda secara bijaksana. Minum kopi berlebihan dapat menyebabkan
gangguan tidur, sakit perut atau jantung berdebar. Anda juga perlu
membatasi minum kopi jika Anda dalam keadaan hamil atau mempunyai
tekanan darah tinggi. Untuk keamanan, konsultasikan dengan dokter
terlebih dahulu sebelum Anda minum kopi Anda. (prima)
Isi Komentar :